Kamis, 08 Desember 2011

perbedaan Balagah dan Ma'ani

Ilmu Nahwu adalah ilmu yang mempelajari tata bahasa arab, lebih spesifiknya suatu kaidah untuk mengetahui fungsi sebuah kalimat yang masuk pada jumlah.
Adapun pengertian tata bahasa arab, adalah cabang ilmu bahasa arab yang membahas tentang pembentukn kata maupun pembentukn kalimat serta kaidah-kaidah yang membahas tentang keduanya. Jadi tata bahasa arab hanyalah salah satu komponen dari berbagai macam ilmu baha arab. Begitupun dengan ilmu ma’ani.
Ilmu Ma’ani adalah ilmu untuk mengetahui hal-ihwal lafadz bahasa arab yang sesuai dengan tuntutan situasi dan kondisi. (ulama Balagah)
Lafadz bahasa arab yang dimaksud adalah model-model susunan kalimat dalam bahasa arab. Contoh penggunaan taqdim atau ta’khir, penggunaan ma’rifah atau nakirah, dan sebagainya.
Ilmu ma’ani bertujuan untuk membantu seseorang agar dapat berbicara sesuai dengan muqtada al-hal, maka ia harus mengetahui bentuk-bentuk kalimat dalam bahasa arab.
Objek kajian ilmu ma’ani hampir sama dengan ilmu nahwu, kaidah yang digunakanpun sama. Namun perbedaannya terletak pada kedua wilaahnya. Ilmu nahwu lebih bersifat mufrad, tanpa terpengaruh oleh keadaan disekitarnya, sedangkan ilmu ma’ani bersifat tarkibi (tergantung kepada faktor lain).

Zaenudin, M. dan Nurbayan, Y. 2007. Pengantar Ilmu Ma’ani. Bandung : UPI
Sukanto, I dan Munawari, A. 2000. Tata Bahasa Arab Sistematis. Yogyakarta : Nurma Media Idea

Tidak ada komentar:

Posting Komentar